Konsep Dasar Multimedia
Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Multimedia adalah kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video. Bila dalam suatu aplikasi multimedia pemakai / pengguna multimedia diberikan suatu kemampuan untuk mengontrol elemen-elemen yang ada, multimedia tersebut disebut dengan Interactive Multimedia. Dan apabila dalam aplikasi multimedia tersebut disediakan struktur dari elemen terhubung yang dapat dikendalikan oleh pemakai / pengguna, maka Interactive Multimedia tersebut menjadi Hypermedia. Meskipun definisi multimedia dapat dimengerti dengan mudah, proses pembuatannya bisa menjadi amat kompleks. Dalam membuat aplikasi multimedia tidak hanya dituntut untuk mengerti dan menguasai elemen-elemen multimedia, tapi juga harus memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer multimedia dan teknologinya. Mereka yang membentuk dan merancang suatu aplikasi multimedia disebut Multimedia Developer.
Komponen Multimedia
berdasarkan arti multimedia, maka multimedia itu dapat berisi
dari 1 atau beberapa komponen berikut:
·
Text
Media
text merupakan media yang paling mudah disimpan, diedit, dan sedikit penggunaan
memori untuk menyimpannya.
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
Media text ada beberapa jenis, yaitu:
o Plain
Text
Plain Text merupakan jenis text yang
paling dasar, berbentuk kode ASCII. Plain text tidak terenkripsi maupun
informasi yang di-embed di dalamnya.
o Rich
Format Text
Rich format text atau mungkin kita
lebih populer dengan rich text format (RTF) merupakan sekumpulan text yang
telah diformat. Karena telah diformat, RTF mampu menampilkan teks-teks dengan
format sederhana, seperti huruf tebal, huruf miring, paragraf, dan lain-lain.
o Hyper
Text
Hyper
text diperkenalkan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Beberapa keunggulan hyper
text:
§ bersifat
linking
dokumen
satu mempunyai hubungan dengan dokumen yang lain
§ non
linear
kita
bisa berpindah-pindah dari halaman satu ke halaman lain dengan sesuka hati.
Dua
contoh hyper text yang sangat populer saat ini:
§ HTML
Hyper
text markup language, kegunaannya:
§ control
tampilan web
§ mendukung
link
§ mampu
menambah object
§ XML
extensible
markup language, kegunaannya:
§ sederhana
dan terstruktur
§ cepat
dan portable
§ mudah
di-maintenance
·
gambar
(graphics)
Gambar menjadi salah satu yang termasuk
dalam multimedia karena manusia cenderung lebih mudah menangkap maksud suatu
informasi melalui gambar (penglihatan) daripada menggunakan text (kata).
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
Ada dua jenis media gambar, yaitu yang berbasis vector dan berbasis bitmap.
o vector
Gambar yang berbasis vector merupakan
gambar yang menggunakan rumus-rumus matematika sebagai dasar untuk menampilkan
gambar. Gambar dibentuk dari beberapa point. Dari beberapa point tersebut,
diterapkan rumus-rumus matematika yang dapat diterjemahkan menjadi gambar.
Karena berbasis vector, ketika dizoom, gambar tidak rusak, karena gambar hanya
rumus-rumus matematika yang variabelnya dapat diubah-ubah.
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
Kekurangan dari gambar yang berbasis vector yaitu gambar yang dihasilkan tidak bisa sangat realistis. Sedangkan kelebihannya dibandingkan dengan bitmap, yaitu ukuran file yang relatif kecil, karena hanya menyimpan data point dan rumus.
Contoh file gambar berbasis vector yang terkenal adalah .cdr (file corel draw).
o bitmap
Gambar bitmap adalah gambar yang
didasarkan dari representasi bit-bit yang membentuk pixel (picture element) dan
warna. Kualitas gambar bitmap bergantung pada resolusi dan ketajaman warna.
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
Resolusi merupakan ukuran panjang dan lebar suatu gambar, biasanya dinyatakan dalam ukuran pixel. Setiap pixel mengandung informasi warna. Informasi warna tiap pixel inilah yang biasanya menentukan kualitas suatu gambar
·
suara
·
video
Rangkuman Konsep Dasar Multimedia (Audio & Video)
AUDIO
merupakan fenomena fisik yang dihasilkan getaran benda yg
berupa sinyal analog dengan amplitudo yg berubah secara kontinyu terhadap
waktu. Komponen audio terdiri dari:
·
Frekuensi
: banyaknya periode dalam satuan detik, satuannya Hz atau cycles per second
(cps)
·
Amplitudo
: tinggi rendahnya suara atau keras lemahnya suara, satuannya dB
·
Velocity
: kecepatan perambatan gelombang bunyi sampai ke telinga pendengar, satuannya
m/s
Tipe format audio:
·
Uncompressed :
Suara masih polos, tidak ada kompress, apa adanya. Contohnya di Windows WAV,
pada umumnya ukuran file relatif besar
·
Format with lossless
compression : Ada kompresi untuk mengecilkan ukuran file, yaitu dengan
pengurangan bit rate (spektrum). Contohnya Flac (biasanya digunakan untuk
merekam suara)
·
Format with lossy
compression : Kompresi paling besar dilakukan, untuk mengurangi ukuran file,
kompresi dilakukan untuk menghilangkan suara yang tidak berguna. Biasanya
sizenya tidak terlalu besar. Contohnya mp3, aac, owg (linux), wma
(windows)
Software: Winamp, RealPlayer, Windows
Media Player, QuickTime, JetAudio, iTunes dll.
VIDEO
merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses,
mentransmisikan ulang gambar bergerak. Komponen video terdiri dari:
·
Frames per second :
merupakan jumlah frame per detik. Semakin banyak jumlah frame per detik, maka
kualitas videonya akan lebih bagus. FPS yang menyebabkan terjadinya perubahan
pada video, pergerakan yang terlihat.
·
Aspek Ratio :
merupakan perbandingan lebar dan tinggi. Tinggi gambar digunakan untuk tentukan
jarak pandang, setiap detail gambar ditampilkan dalam pixel
·
Resolusi : jumlah
pixel yang digunakan, semakin besar resolusi yang digunakan, maka akan memberikan
gambar yang lebih tajam
·
Bit Depth : merupakan
ukuran pixel untuk menghasilkan warna, semakin tinggi depth yang digunakan,
warna yang dihasilkan akan lebih tajam. (depth dalam bitmap)
·
Bit Rate : suatu
ukuran kecepatan bit suatu data dari suatu tempat ke tempat lain, diukur dengan
Kbps dst. Semakin besar bit rate nya semakin halus gambar yang akan dihasilkan.
Dalam pembuatan video menggunakan 2
teknik:
·
Interlaced : metode
untuk menampilkan gambar seperti pada televisi analog, yang ditampilkan secara bergantian
antara garis ganjil dan genap secara tepat untuk setiap framenya. Refresh rate
50-80Hz.
·
Progressive : metode
untuk menampilkan, menyimpan, dan memancarkan gambar dimana setiap baris untuk
tiap frame digambar secara berurutan. Biasanya digunakan pada CRT monitor
komputer, LCD TV dll.
Teknologi Pertelevisian:
·
PAL adalah enconding
berwarna yg digunakan dalam televisi broadcast, digunakan untuk garis alternasi
fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam satu
detik (fps). 50 Hz refresh rate. Biasanya digunakan di bagian Eropa barat.
Format YUV.
·
SECAM banyak digunakan di
Prancis, Rusia dan Eropa timur. Berdasarkan frekuensi modulasi dengan 25Hz
refresh rate dan 625 baris.
·
NTSC membagi 25 baris per
frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame per detik
(fps). 525 baris dan 60 Hz refresh rate, digunakan di Amerika, Korea, Jepang
dll. Menggunakan format YIQ.
·
HDTV standar televisi baru
dengan gambar lebih lebar, lebih jernih dan suara kualitas CD Audio. Aspek ratio
16:9. Resolusi terdiri dari 1125 baris (1080 baris aktif).
Perbedaan mendasar dari standar diatas
adalah jumlah garis horizontal dalam gambar video, frame ratenya, jumlah
bandwith yang digunakan, apakah menggunakan sinyal AM atau FM untuk audio videonya.
Beberapa format video :
- MOV : dibuat oleh apple, bersifat lintas platform, digunakan transmisi data di internet, track audio, video, images, text terpisah.
- MPEG : file terkompresi lossy, pada umumnya beresolusi 352×240, MPEG1 support interlaced dan MPEG2 support progressive, MPEG2 digunakan untuk HDTV dan DVD
- DIVX : codec diciptakan oleh DivX Inc. File relatif kecil karena menggunakan MPEG4 part 2 compression.
- WMV : code milik Microsoft yang berbasis pada MPEG4 part 2, gabungan dari AVI dan WMA yang terkompres. Dapat berekstensi wmv, avi, atau asf
Software: QuickTime, Windows Media
Player, DivXPro, RealOne Player, GOM Player, K-Lite Codec Player, Power DVD dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar