Karburator adalah sebuah alat yang mencampur udara dan
bahan bakar untuk sebuah mesin pembakaran dalam. Ada kebijakan
pemerintah mengenai hemat BBM ini, kalau tak salah dikeluarkan pada
tahun 1980. Makanya produsen pembuat karburator ternama seperti Keihin
dan Mikuni membuat stelan campuran yang miskin atau perbandingan antara
udara lebih banyak dibandingkan bensin.
Tujuannya jelas untuk memperirit konsumsi bensin.
Berikut ini tips sederhana pada settingan karburator pada motor vega-R (pada bagian pilot jet nya saja) :
1.ambil selembar kawat bekas kabel gas bisa minta sama bengkel terdekat.
2.ingat bekas kabel gas jangan bekas kabel kopling apalagi bekas kabel rem.
3.korekan selembar kawat tadi ke bagian spuyer bensin(pilot jet) sampai tembus.
4.setelah semuanya dicuci dan terpasang tinggal stel lagi putaran idle mesin.
5.penyetelan gas dan angin secara maksimal atau mendapat suara lengkingan tertinggi.
Dengan cara ini vega-R ku bisa melakukan perjalanan jarak
jauh tanpa khawatir lagi akan gejala overheat saya bukti kan dengan
melakukan perjalanan jarak jauh ke kota Semarang dari Banyuwangi. Tenaga
tidak ada matinya, bro !
Banyak di antara kita yang suka modifikasi(modif), namun
banyak pula yang tidak. Rata-rata yang mengaku suka malah menjadikan
hobi. Bahkan banyak pula yang akhirnya jadi maniak modif. Mereka ada
yang melakukan modifikasi sendiri dan ada juga yang membawa motor mereka
ke bengkel modifikasi. Sebaliknya, yang tidak senang modif menganggap
modif berbahaya dan menimbulkan biaya lebih (boros).
Nyatanya, hampir-hampir semua motor sudah mengalami
modifikasi sedikit atau banyak. Mungkin orang tidak menyadari telah
melakukan modif karena tampilan motor masih standar. Padahal sejumlah
item telah mengalami perubahan. Ganti busi yang lebih kuat, ganti stang
yang lebih nyaman, atau modifikasi lampu yang lebih keren dan terang
adalah modif sederhana.
Karena itu, yang penting dari modifikasi adalah tujuan dan fungsinya.
Tujuan modifikasi yang baik adalah meningkatkan kinerja dan tampilan
motor sehingga lebih aman, nyaman, cepat, dan gaya. Ada di antara mereka
yang melakukan modifikasi mesin agar performanya lebih bagus, ada juga
yang hanya melakukan modifikasi bodi untuk meningkatkan tampilan luarnya
saja. Semuanya tergantung kebutuhan modifikasi.
Lebih aman karena modifikasi yang baik akan menggunakan
alat modifikasi yang biasanya after market atau limbah copotan motor
impor yang kualitasnya lebih baik. Lebih cepat karena dengan modifikasi,
baik kapasitas mesin bisa dimaksimalkan, atau kemampuan pengendalian
(handling) lebih dioptimalkan. Nah, terutama ini: lebih gaya. Dengan
modif, tampilan standar lebih bagus. Perpaduan berbagai asesori maupun
piranti bodi, ajrutan, cat, dan sebagainya, bisa membuat motor
benar-benar menarik: lebih macho atau manis, tergantung selera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar